Rabu, 23 Maret 2011

CARA MEMBUAT JAM ANALOG

Pada tutorial yang lalu, kita telah mempelajari cara membuat jam digital. Kali ini kita akan mempelajari cara membuat sebuah jam analog. Tampilan jam analog yang akan kita buat di sini masih sederhana. Anda dapat mengembangkannya dengan memperbaiki bagian grafiknya. Sehingga nantinya jam akan terlihat lebih bagus lagi.
1. Buatlah flash document.
2. Buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini. Anda dapat menggunakan oval tool, text tool, dan panel transform untuk membuatnya.
3. Untuk garisnya kami akan membuat ukurannya seperti ini : garis jam lebih panjang dari garis menit, garis menit lebih panjang dari garis detik, garis detik lebih panjang dari garis jam Anda dapat mengubah ukurannya sesuai keinginan anda.
4. Buatlah tiga buah garis seperti gambar di bawah ini :
5. Seleksi garis yang paling kecil, kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan jam_mc dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah lalu tekan ok.
6. Seleksi movie clip jam_mc di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan jam_mc sebagai instance name.
7. Seleksi garis kedua (garis yang tidak terlalu panjang), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan detik_mc dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah lalu tekan ok.
8. Seleksi movie clip detik_mc di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan detik_mc sebagai instance name.
9. Seleksi garis ketiga (garis yang paling panjang), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan menit_mc dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah bagian bawah lalu tekan ok.
8. Seleksi movie clip menit_mc di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan menit_mc sebagai instance name.
9. Letakan movie clip jam_mc di tengah lingkaran yang kita buat sebelumnya.
10. Selanjutnya letakan movie clip menit_mc di tengah lingkaran (ditempat yang sama movie clip jam_mc berada).
11. Lalu letakan juga movie clip detik_mc di tengah lingkaran (ditempat yang sama movie clip jam_mc dan menit_mc berada).
12. Setelah semuanya terpasang, klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
//perintah yang dijalankan ketika frame dimainkan
onEnterFrame = function () {
 //membuat variable waktu sebagai date object
 waktu = new Date();
 //membuat variable jam dengan nilai sama dengan jam pada komputer
 jam = waktu.getHours();
 //membuat variable menit dengan nilai sama dengan menit pada komputer
 menit = waktu.getMinutes();
 //membuat variable detik dengan nilai sama dengan detik pada komputer
 detik = waktu.getSeconds();
 //digunakan jika komputer menggunakan sistem 12 jam
 //jika nilai variable jam lebih dari 12 maka akan dikurangi 12
 if (jam>12) {
  jam -= 12;
 }
 //movie clip jam_mc akan berotasi sesuai nilai variable jam dikali 30 
yang ditambah nilai variable menit di bagi 2
 jam_mc._rotation = jam*30+(menit/2);
 //movie clip jam_mc akan berotasi sesuai nilai variable menit dikali 6
 menit_mc._rotation = menit*6;
 //movie clip detik_mc akan berotasi sesuai nilai variable detik dikali 6
 detik_mc._rotation = detik*6;
};
13. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

 HURUF MENGIKUTI MOUSE


Tutorial ini sebenarnya adalah modifikasi dari tutorial Menggerakan Objek Dengan Gerakan Mouse 3. Objeknya kini tidak menggunakan lingkaran tetapi menggunakan dynamic text. Huruf-huruf yang tampil dalam dynamic text dapat diatur melalui script pada tutorial ini.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah dynamic text bertuliskan W. Seleksi dynamic text ini lalu tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan txt di dalam kotak var, nonaktifkan tombol Selectable, dan aktifkan tombol Align Center.
3. Pastikan anda masih menyeleksi dynamic text tadi kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan huruf_m sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
4. Hapus movie clip huruf_mc dari stage kemudian tekan Ctrl+L. Klik kanan movie clip huruf_mc pada panel library lalu pilih Linkage.
5. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan huruf_mc sebagai identifier kemudian tekan ok.
6. Klik frame 1 dan tekan F9 dan pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
//membuat variable jarak dengan nilai 20
//nilainya digunakan untuk mengautr jarak antar huruf
jarak = 20;
//membuat variable jumlahHuruf dengan nilai 5
//nilainya tergantung dari jumlah movie clip huruf_mc yang di attach
jumlahHuruf = 5;
//membuat fungsi gerak
function gerak(target) {
 //membuat dan mengatur nilai variable x pada variable target
 //nilai ini digunakan untuk mengatur letak huruf terhadap kursor 
mouse berdasarkan koordinat x
 target.x = -target._x+_root._xmouse+(target.no*jarak);
 //membuat dan mengatur nilai variable y pada variable target
 //nilai ini digunakan untuk mengatur letak huruf terhadap kursor 
mouse berdasarkan koordinat y
 target.y = -target._y+_root._ymouse+25;
 //membuat dan mengatur nilai variable kecepatanX pada variable target
 //nilai ini digunakan untuk mengatur kecepatan huruf menuju kursor
 mouse berdasarkan koordinat x
 target.kecepatanX = (target.kecepatanX*0.5)+(target.x*0.1)/target.no*5;
 //membuat dan mengatur nilai variable kecepatanY pada variable target
 //nilai ini digunakan untuk mengatur kecepatan huruf menuju kursor 
mouse berdasarkan koordinat y
 target.kecepatanY = (target.kecepatanY*0.5)+(target.y*0.1)/target.no*5;
 //koordinat x variable target ditambah nilai kecepatanX pada 
variable target
 target._x += target.kecepatanX;
 //koordinat y variable target ditambah nilai kecepatanY pada 
variable target
 target._y += target.kecepatanY;
}
//membuat variable i dengan nilai 1 sampai nilainya sama dengan nilai
 variable jumlahHuruf
for (i=1; i<=jumlahHuruf; i++) {
 //memasukkan movie clip dengan identifier huruf_mc ke dalam huruf+i
 _root["huruf"+i] = attachMovie("huruf_mc", "huruf_mc"+i, 
_root.getNextHighestDepth());
 //nilai variable no di dalam huruf+i sama dengan nilai variable i
 _root["huruf"+i].no = i;
 //nilai variable kecepatanX di dalam huruf+i sama dengan 20
 _root["huruf"+i].kecepatanX = 20;
 //nilai variable kecepatanY di dalam huruf+i sama dengan 20
 _root["huruf"+i].kecepatanY = 20;
 //perintah yang dijalankan ketika frame pada huruf+i dimainkan
 _root["huruf"+i].onEnterFrame = function() {
  //jalankan fungsi gerak dengan movie clip ini sebagai pengganti
 variable target
  gerak(this);
 };
}
//digunakan untuk mengatur huruf-huruf yang tampil
//mengubah tulisan di dalam dynamic text bervar txt pada huruf1 menjadi F
huruf1.txt = "F";
//mengubah tulisan di dalam dynamic text bervar txt pada huruf2 menjadi L
huruf2.txt = "L";
//mengubah tulisan di dalam dynamic text bervar txt pada huruf3 menjadi A
huruf3.txt = "A";
//mengubah tulisan di dalam dynamic text bervar txt pada huruf4 menjadi S
huruf4.txt = "S";
//mengubah tulisan di dalam dynamic text bervar txt pada huruf5 menjadi H
huruf5.txt = "H";
7. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar